Đánh giá sennheiser mx 170

Sennheiser.. Sebuah merk yang sangat beken.. Bahkan orang awam menggunakan merk sennheiser sebagai "benchmark" dalam memilih perangkat audio. Jika merknya sennheiser, maka langsung dianggap bagus.

Bạn đang xem: Đánh giá sennheiser mx 170


Tidak seperti STAX atau Audez"e yang kurang peka dengan pasar low end, sennheiser dengan agresif meluncurkan earbud-earbud harga miring dimulai dari MX80 yang dihargai 120rb (kurs 1 dollar Rp 12.000).
Kurang tertarik dengan yang "kasta terbawah", maka saya coba yang satu tingkat diatasnya, MX170 yang berbanderol Rp 150.000. Bagaimanakah performanya?
*

Bisa dilihat, packing tidak ada yang spesial. Hanya mika transparan saja. Tingkat keamanan standar lah, earbud tidak terbanting-banting karena ada plastik pengaman yang bentuknya pas dengan earbud sehingga mantap pada posisinya.
Ketika dibuka, isinya minim sekali. Hanya ada earbud MX170 dan sepasang busa hitam. Jika dibandingkan denganphrodi 007 jimbonyang harganya lebih murah, paket penjualan ini teramat sangat pelit.
Sennheiser mengemas produk murahnya dengan kesan low profile. Kombinasi hitam glossy dengan hitam doff cukup membuat earbud ini terlihat kokoh dan sangar, tidak mencerminkan barang yang build qualitynya jelek. Memang benar adanya, ketika disentuh, housingnya sangat rigid, finishingnya pun rapi, dengan kode nama MX170 yang disembunyikan di bagian dalam earbud bersanding dengan penanda kanal L dan R di bagian dalam. Di satu sisi, housing luar jadi terlihat elegan karena tidak ada tulisan atau gambar-gambar "alay", tapi di sisi lain membuat orang lain tidak tahu kalau earbud ini adalah sennheiser, mungkin dianggapnya earbud murahan.
*

Menyesuaikan dengan harga, maka saya pun menyesuaikan setup yang saya gunakan. Kali ini hanya direct dari samsung galaxy S2 (custom ROM+viper4android) dan line out fiio E10.
Overall, MX170 ini signaturenya warm-dark, vokal laidback dengan hentakan bass yang besar dan powerfull.
*

Jargon feel the beat pada kemasan tidak bohong. Setel lagu nge-beat, MX170 siap mengajak anda beranjak dari tempat duduk dan ikut bergoyang. Hentakan-hentakannya dalam, empuk, dan bulat dengan kuantitas bass yang besar. Sangat menyenangkan, terasa energik dan membangkitkan semangat. Bassnya pun lengkap, mid bass maupun low bass sama-sama kuat, sehingga bass terasa lengkap dan full.
Namun jika ditinjau dari segi teknis, bass MX170 ini boomy dan bloated, sering meleber ke mid, dan detil bassnya kurang. Soal speed sendiri medium, untuk musik metal sebenarnya tidak keteteran, namun presentasinya yang boomy membuat pukulan dobel pedal tidak jelas batas gebukannya.
Sudah rahasia umum apabila karakter sennheiser adalah mid yang cenderung laidback dan mellow. Sayangnya, karakter laidback dan melow hanya enak pada kasta atas sennheiser, karena pada kasta bawah separasinya kurang sehingga malah terkesan tertutup.

Xem thêm: Các Thuốc Mọc Râu Thực Sự Thật Về Thuốc Mọc Râu Thực Sự Có Hiệu Quả?


Itulah yang terjadi di MX170. Mid terasa laidback, vokal terasa dibelakang suara lainnya. Makin diperparah sering terserang oleh bass yang meleber, sehingga tidak bisa mendengarkan detil mid dengan baik. Alunan vokal terdengar jauh, dan kualitasnya biasa saja, tidak mendayu emosional.
Sisi positifnya, tidak ada sibilance maupun peak mengganggu, jadi Anda bisa menyetel lagu dengan volume tinggi tanpa takut muncul suara tajam.
High MX170 tidak terlalu menonjol, sangat warm dan alakadarnya saja. Ekstensi dan kesan airy bagus, tidak seperti terkungkung, namun karena kuantitasnya yang kecil yaa kesannya jadi agak "mendem". Detil high pun tidak istimewa, simbal hanya terdengar ciss ciss saja tanpa ada kesan real.
Detail MX170 biasa saja, average. Namun jika bandingannya earbud bawaan handphone ya jelas MX170 ada dua tingkat diatasnya. Microdetail banyak tertutup bass, sehingga kurang terdengar, harus volume tinggi baru muncul dan itupun sedikit.
Separasi cenderung kurang saya rasa, masih terasa bertumpuk disana-sini, musik-musik dengan suara instrumen yang ribet terasa menyatu dan berkumpul semua.
Soundstage bagus, terasa luas, dan memang kita seperti diposisikan agak jauh dari panggung. Kesan kanan-kiri terasa jelas, namun depan-belakang-atas-bawah masih kurang. Positioning average, meski belum baik namun bisa menunjukkan darimana arah datang suara.
MX170 ini sepertinya membawa kesan fun, dimana karakter ini sangat dicintai orang awam yang memang kurang peduli terhadap teknikaliti suatu earphone. Bass yang dalam, empuk, dan menghentak kuat, dilengkapi dengan tidak adanya suara-suara tajam di mid dan high, membuat MX170 ini asik dipakai headbanging. Setel musik ngebeat, tinggikan volume, dan ikutlah bergoyang.
Dengan harga jual 150rb, sennheiser seperti memangkas aspek teknikaliti. Detail dan separasi adalah yang paling parah. Namun yaa seperti pada kalimat pertama, kelas bawah sih tidak banyak yang mempedulikan teknikaliti, yang penting fun to listen.
- kualitas sangat teknis pas-pasan, seperti detail dan separasi yang kurang baik dan bass yang bleberan
Posted byGOBEDH
*

*

mas gobedh, mau nanya nihpenggunaan foam donat dan foam biasa untuk MX170 bedanya cukup signifikan ya?atau ada "special effect" yang muncul klo pake foam donatmohon penjelasannya... Hehehe...